Cara Install Windows XP dengan USB Flash Disk

(Sumber:http://dedydwia.wordpress.com/2011/06/03/install-winxp-tanpa-cd/)

CD/DVD Drive Laptop/PC anda rusak? Pengen nginstal bingung? Jangan khawatir. Selain anda menggunakan CD/DVD Eksternal (USB) --- kalau punya --- anda juga bisa memakai cara berikut ini.
Ada dua cara instalasi (yang saya coba pake WinXP), yaitu :
1. Copy File dari CD/DVD XP lewat PC Pinjaman ke HDD yg mau di install XP.
2. Booting & Install via USB Flash Disk

Untuk yg pertama, langkah2 nya sbb:
1. Siapkan HDD yg akan diisi XP (sebaiknya HDD dalam kondisi kosong)
2. Set HDD tsb sbg slave lalu dipasangkan ke PC Pinjaman CD/DVD Drive nya masih berfungsi baik.
3. Cek apakah HDD yg akan di install terdeteksi, kalau iya sekalian format & buat jadi beberapa partisi (misal : 3 partisi untuk : system, Data dan Backup). Cara buat partisinya (ga perlu pake software tambahan, cukup bawaan dari windows xp), caranya baca di sini.
4. Selanjutnya masukkan CD/DVD Installer XP kemudian pada run ketikkan cmd lalu tekan Enter (untuk masuk ke mode MS-DOS Prompt)
5. Dari command prompt ketikan cd i386 (pake spasi utk masuk ke folder i386) selanjutnya ketik : winnt32 /makelocalsource /syspart:E /tempdrive:E , dimana E adalah drive HDD yg akan kita install.
6. Setelah proses copy selesai, shutdown PC kemudian cabut HDD tsb untuk dipasangkan ke PC yg baru. Saat PC yg baru dinyalakan maka proses instalasi XP akan berlangsung secara otomatis.

Cara yg kedua : Menggunakan media USB Flash Disk
Untuk menyiapkan USB FD ini hanya butuh 5 menit (metode lainnya yg di posting di internet bisa mencapai 15 – 20 menit), yg lama proses copy dari CD/DVD ke Hardisk, sedangkan proses instalasi XP sekitar 10 – 30 menit (tergantung spec komputer)
Tool yang dibutuhkan :
1. CD Installer WinXP (ori atau bajakan)
2. USB Flash Disk (minimal 1 GB) sebanyak 1 buah.
3. Pinjam komputer yg ada CD/DVD Drive
Langkah2nya adalah :
1. Buat USB Flash Booting, di isi dengan Vista Portable. (butuh 125 MB dan memakan waktu 1 menit).
2. Dari komputer pinjaman, masukkan CD/DVD WinXP lalu dari command prompt (ketikkan cmd.exe pada run) masuk ke folder i386 selanjutnya ketik : winnt32 /makelocalsource /syspart:E /tempdrive:E , dimana E adalah drive USB Flash yang akan di install winXP. Atau kalau mau prosesnya cepat, copy-kan dulu ke drive di hardisk nanti baru copy-kan ke USB. Buat Drive baru di HDD, misal drive E, setelah selesai proses copy dari CD ke HDD, compress file tsb (dg winzip atau winrar) agar jadi 1 file kemudian baru copy-kan ke USB yg sudah ada Vista Live On-nya –> sekitar 500 MB. Memakan waktu 5 – 10 menit, tergantung kecepatan baca CD/DVD Drive-nya.
3. Booting Komputer yg tidak ada CD-Drive nya dengan USB Flash Disk tsb.
4. Jalankan MS-DOS Prompt untuk mem- Format hardisk yang akan di isi dengan WinXP, misalnya drive c: perintahnya : format c:/q /fs:ntfs
5. Setelah selesai format jangan lupa buat bootsector utk hardisknya, caranya ketik bootsect /nt52 c: (dari command prompt), dimana file bootsect sudah ada pada USB tsb (di folder boot).
6. Jalankan program Total Commander (sebagai ganti Windows Explorer) untuk melakukan proses copy dari File XP yg sudah dicompress  ke drive C pada hardisk (proses copy sekaligus di extract)
7. Setelah selesai pilih restart PC
8. Maka saat PC dinyalakan kembali maka proses instalasi akan segera berlangsung. Proses ini bisa lebih cepat dibandingkan install dengan CD/DVD karena semua file instalasi yang dibutuhkan sudah berada di dalam hardisk.
Cara ini juga bisa dipergunakan untuk menginstall beberapa komputer secara otomatis tanpa CD booting (buat yg punya bisnis warnet or jualan komputer).
Selamat mencoba....

RIBET? dan pengen yang PRAKTIS?
Coba saja trik berikut:

(sumber:http://dotexe.unnes.ac.id/2009/01/19/install-windows-xp-lewat-usb-flash-disk/)

Menginstall Windows XP di perangkat komputer yang tak memiliki drive optik memang susah-susah gampang. Salah satu metode yang biasa dipakai antara lain memanfaatkan DVDROM external berbasis USB atau langsung memakai USB Flashdisk sebagai media installernya. Nah berikut adalah tutorial tentang bagaimana mempersiapkan USB Flashdisk sebagai Installer Windows XP.
File-file yang akan anda butuhkan dapat anda unduh dari alamat berikut :
  1. USB Prep8 
  2. PeToUSB 3.0.0.7  
Langkah-langkah Pembuatan:
1. Ekstrak kedua file sesuai keinginan Anda dengan menggunakan WinZip atau WinRar (Lebih baik buat Folder baru), sebaiknya File PeToUSB_3.0.0.7.zip dijadikan satu folder bersama File usb_prep8.zip atau sebaliknya.
2. Tancapkan USB flash disk ke salah satu port USB. Ingat-ingat posisi drive-nya. Apakah F:, G:, H:, dan sebagainya.
3. Masukkan CD instalasi Windows XP ke optical drive. Jika komputer menjalankan proses instalasi secara otomatis, batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang tengah berjalan.
4. Selanjutnya, buka folder di mana Anda mengekstrak aplikasi modul pembuat instalasi.
5. Jalankan file bernama “usb_prep8.bat” maka di layar monitor akan tampak jendela Command Prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue,” tekan sembarang tombol untuk konfirmasi.
6. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta Anda memformat USB flash disk Anda. Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan Anda.
7. Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika Anda menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5.
8. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana Anda menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan Anda jika Anda telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.
9. Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana Anda mencolok flash disk. Kalau flash disk Anda berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.
10. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.
Selesai! Kini flash disk Anda telah siap digunakan untuk instalasi Windows XP! Silahkan melakukan setting pada BIOS Anda, dan pilih Removeable Disk (atau apa pun nama lainnya) sebagai media pertama yang dijalankan saat booting.
Untuk yang menggunakan sistem RAID, coba pakai Nlite,

CATATAN: 
JIKA ANDA MEMAKAI AVIRA ANTIVIRUS, NONAKTIFKAN DULU, KARENA AKAN MENDETEKNYA SEBAGAI TROJAN!!!! UNTUK AVAS DAN SMADAV TIDAK MASALAH. BELUM DICOBA UNTUK ANTIVIRUS LAIN.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Penjualan

ROOT GENIUS 2.2.6

Download Qur'an In Word 3.0